Senin, 23 Mei 2016

Atasi Kulit yang Terbakar dengan Lidah Buaya

Makalah KIMIA
Atasi Kulit yang Terbakar
dengan Lidah Buaya


Disusun oleh :



Nama      : Mita Meliana       

Kelas       :  X-1              





Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Ciwidey

Kabupaten Bandung

2013/2014



A.    Tujuan Penelitian  :
Agar dapat mengetahui manfaat kandungan yang terdapat pada lidah buaya untuk kulit wajah yang terbakar oleh sinar matahari.

B.     Teori  :
Paparan sinar Ultraviolet (UV) yang terlalu lama pada kulit bisa menyebabkan kulit terkena iritasi, kemerahan, terasa terbakar, bahkan terasa perih pada permukaan kulit (sunburn).
Tanaman lidah buaya terkenal banyak manfaatnya. Tak hanya bagus untuk rambut, lidah buaya juga dapat menyembuhkan kulit yang terbakar oleh sinar matahari. Cairan kental pada tumbuhan ini mengandung zat antioksidan dan zat anti-inflamasi yang memberikan efek mendinginkan kulit, menghambat peradangan dan dapat mengurangi rasa sakit pada kulit. Selain itu, terdapat kandungan saponin dan zat lignin pada lendir lidah buaya yang mampu merangsang pertumbuhan sel baru pada kulit.

C.    Rumusan Masalah  :
·         Apakah lidah buaya dapat mengatasi kulit wajah yang terbakar oleh sinar marahari?
·         Apa saja kandungan pada lidah buaya yang dapat mengatasi kulit wajah yang terbakar?

D.    Zat dan Alat Eksperimen
Gel pada lidah buaya yang mengandung zat antioksidan, zat anti-inflamasi, zat lignin, dan kandungan sapoin.

E.     Data Eksperimen / Penelitian  :
1.      Teknik Penelitian
Teknik penelitian yang dilakukan adalah membuat masker alami pada wajah yang terbakar oleh sinar matahari dengan menggunakan gel lidah buaya secara rutin ( 1 x 1 minggu ).
2.      Cara Kerja
a.       Kupas 1 batang lidah buaya dan ambil daging dan gel dengan menggunakan sendok
b.      Setelah itu, haluskan gel tersebut dengan garpu
c.       Oleskan pada wajah sambil memijatnya perlahan
d.      Diamkan hingga kering, ± 15 – 20 menit
e.       Bilas dengan air hangat, lalu bilas lagi dengan air dingin

F.     Hasil Eksperimen / Penelitian  :
Setelah melakukan masker alami dengan menggunakan lidah buaya, wajah terasa lebih segar, dan rasa terbakar seperti panas, peradangan (wajah kemerahan), dan rasa sakit/perih berkurang. Selain itu, kulit wajah lebih cepat kembali seperti sebelumnya karena kandungan gel yang merangsang pertumbuhan sel baru pada kulit.

G.    Simpulan  :
Tanaman lidah buaya mempunyai banyak manfaat, salah satunya manfaat untuk kulit yang terbakar oleh matahari. Gel yang terdapat pada lidah buaya dapat mengurangi rasa terbakar, panas, perih, dan kemerahan pada wajah yang terbakar. Selain itu, gel lidah buaya juga memberikan efek mendinginkan kulit yang menjadikan kulit terasa lebih segar, juga mempercepat kembalinya kulit seperti sebelumnya.
Kandungan yang terdapat pada gel yang bermanfaat untuk kulit wajah yang terbakar adalah zat antioksidan dan zat anti-inflamasi yang memberikan efek mendinginkan kulit, menghambat peradangan dan dapat mengurangi rasa sakit pada kulit, dan zat lignin dan kandungan saponin yang mampu merangsang pertumbuhan sel baru pada kulit.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...