Sabtu, 21 Mei 2016

Pemanasan Global PPT (Makalah Fisika)

Makalah Fisika
Pemanasan Global (Global Warming)
Kelas XI-MIA-1
Disusun oleh :
  • Dhika Candra Nugraha
  • Ericson Sijabat
  • Iqbal Prawira Winata
  • Missi Yura Fadhlani
  • Mita Meliana
  • Rizan Maftuhfallah
  • Rifan NugrahaRizki Sekh Imanudin N



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Akhir-akhir ini dapat kita rasakan suhu udara di dunia sangat tidak menentu, kadang panas kadang tiba-tiba dingin. Hal ini terjadi kareya adanya peningkatan suhu yang terjadi dari waktu ke waktu akibat semakin besarnya lubang di lapisan ozon bumi. Ozon adalah suatu laposan oksigen yang tiap molekulnya terdiri dari tiga atom oksigen (O3). Lapisan ozon di atmosfer (tepatnya berapa pada stratosfer) berfungsi melindungi kehidupan di bumi dari bahaya radiasi ultraviolet. Peningkatan suhu dari waktu ke waktu ini dapat terjadi karena pemanasan global (global warming).
Seperti yang telah kita ketahui, segala sumber energi yang terdapat di Bumi berasal dari Matahari. Sebagian besar energi tersebut dalam bentuk radiasi gelombang pendek, termasuk cahaya tampak. Ketika energi ini mengenai permukaan Bumi, ia berubah dari cahaya menjadi panas dan memantulkan kembali sisamua sebagai radiasi infra merah gelombang panjang ke angkasa luar. Namun, sebagian panas tetap terperangkap di atmosfer bumi akibat menumpuknya jumlah gas rumah kaca yang menjadi perangkap gelombang radiasi.
Gas-gas ini menyerap dan memantulkan kembali radiasi gelombang yang dipancarkan Bumi. Akibatnya, panas tersebut akan tersimpan di permukaan Bumi. Hal tersebut secara berulang dan mengakibatkan suhu rata-rata bumi terus meningkat. Maka dari itu, makalah ini akan membahas gambaran umum pemanasan global, aktivitas manusia dan peranannya dalam pemanasan global, serta akibat dari pemanasan global itu sendiri. Kami juga menyertakan beberapa usaha dapat yang dilakukan manusia untuk mengendalikan pemanasan global.

B.     Rumusan Masalah
  1. Apakah pengertian dari Pemanasan Global?
  2. Apakah penyebab Pemanasan Global?
  3. Bagaimana cara menanggulangi Pemanasan Global?

 C.    Tujuan
  1. Untuk mengetahui pengertian dari Pemanasan Global.
  2. Untuk mengetahui penyebab dari Pemanasan Global.
  3. Untuk mengetahui langkah-langkah menanggulangi Pemanasan Global.

  

BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian Pemanasan Global
Pemanasan Global (global warming) adalah kenaikan suhu permukaan bumi yang disebabkan oleh peningkatan emisi karbon dioksida dan gas-gas lain yang dikenal sebagai gas rumah kaca yang menyelimuti bumi dan memerangkap panas. Fenomena ini merupakan fenomena global yang disebabkan oleh aktivitas manusia di seluruh dunia, pertambahan populasi penduduk, serta pertumbuhan teknologi dan industri. Sedangkan gas rumah kaca muncul akibat aktivitas manusia. Ada lima gas rumah kaca yang penting yaitu uap air, karbondioksida (CO2), metana (CH4), nitrogen oksida (NO2), dan klorofluorokarbon (CFC).

B.     Penyebab Pemanasan Global

  •     Konsumsi Energi Bahan Bakar Fosil

Menurut Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral (2003), konsumsi energi bahan bakar fosil memakan sebanyak 70% dari total konsumsi energi.
a.       Sektor Industri
Sektor industri merupakan penyumbang emisi karbon terbesar yang dapat menyebabkan global warming. Pabrik industri menggunakan zat-zat kimia organik maupun anorganik untuk menghasilkan produk yang berguna bagi kepentingan hidup manusia. Zat-zat yang tidak berguna akan dibuang, salah satunya asap pabrik. Jika limbah asap pabrik tidak disaring terlebih dahulu atau langsung dibuang ke udara bebas, maka kadar CO dalam udara tentu bertambah dan akan bepengaruh pada menipisnya ozon. Hal ini dapat menurunkan kualitas udara.
b.      Sektor Transportasi
Sektor transportasi menempati posisi kedua sebagai penyumbang emisi karbon terbesar. Kontribusi ini memberian efek yang nyata dalam kehidupan. Kendaraan bermotor menggunakan bensin agar mesin dapat hidup.  Setelah proses pembakaran, bensin menjadi gas CO (karbon monoksida), NO2 (nitrogen oksida), SO2 (belerang dioksida), dan partikel-partikel lain. Gas-gas tersebut dapat menyebabkan pemanasan global. Seperti yang telah kita ketahui, jumlah kendaraan bermotor terus bertambah dan tidak ada pengurangam.

  •       Gas Metana (CH4)

a.       Gas Metana dari Perternakan dan Pertanian
Gas metana pertanian berasal dari bahan organik yang dipecah oleh bakteri dalam kondisi kekurangan oksigen, misalnya di persawahan. Proses ini juga dapat pada usus hewan ternak seperti sapi dan dapat meningkat seiring bertambahnya jumlah populasi hewan ternak. Hal ini mengakibatkan peningkatan produksi gas metana yang dilepaska ke atmosfer bumi.
b.      Gas Metana dari Sampah
        Diperkirakan 1 ton sampah padat menghasilkan 50 kg gas metana. Menurut kementerian Negara Lingkungan Hidup pada tahun 1995 rata-rata orang diperkotaan Indonesia menghasilkan sampah sebanyak 0,8 kg/hari pada tahun 2000. Dilain pihak, jumlah penduduk terus meningkat sehingga dapat diperkirakan tahun 2020 sampah yang dihasilkan mencapai 500 juta kg/hari atau 190 ton/tahun. Dengan jumlah ini maka sampah akan mengemisikan gas metana sebesar 9500 ton/tahun. Dengan demikian, sampah di perkotaan merupakan sektor yang sangat potensial mempercepat proses terjadinya pemanasan global.


  • Kerusakan Hutan

    Salah satu fungsi tumbuhan  yaitu menyerap karbondioksida (CO2) dan mengubahnya menjadi oksigen (O2). Dengan rusaknya hutan, tentu saja proses penyeraoan karbondioksida tidak dapat optimal. Hal ini akan mempercepat terjadinya pemanasan global.
  • Penggunaan Pupuk Kimia yang Berlebihan

       Pada kurun terakhir abab ke-20, penggunaan pupuk kimia dunia untuk pertanian meningkat pesat. Kebanyakan pupuk kimia ini berbahan NO2 yang 300 kali lebih kuat dibanding karbondioksida sebagai perangkap panas, sehingga ikut memanaskan bumi.
  •         Model Rumah Kaca

       Konsep rumah kaca memantulkan cahaya udara, bukan menyerap sinar matahari. Jika terjadi demikian, maka pemanasan global adalah “prestasi” yang dihasilkan dari banyak rumah dan gedung yang bermodelkan kaca,

C.    Penanggulangan Pemanasan Global
  •         Mengurangi Produksi Gas Rumah Kaca

a.       Gas Karbondioksida (CO2)
Cara mengurangi emisi gas ini yaitu menanam dan memelihara lebih banyak pohon. Kita dapat menanam pohon di pekarangan rumah atau tempat-tempat lain yang kosong. Selain itu, kita juga tidak boleh menebang pohon sembarangan.
b.      Gas Metana
Selama dalam ambang batas, gas metana hasil kegiatan pertanian dan perternakan tidak terlalu berpengaruh terhadap pemanasan global. Sedangkan untuk menanggulangi gas metana dari sampah tentu kita harus meminimalisir sampah dengan, mengurangi penggunaan kantok plastik, memanfaatkan sampah yang bernilai guna, mendaur ulang sampah, dan mengganti kantong plastik dengan bahan yang lebih ramah lingkungan.
  •          Menggunakan Sumber Energi Alternatif

a.       Memanfaatkan eneri angin, matahari, gelombang air laut, maupun energi panas bumi untuk menghasilkan listrik.
b.      Menggunakan energi nuklir yang dapat diubah menjadi energi listrik tanpa menghasikan emisi karbondioksida
c.       Memanfaatkan energi biomassa untuk menghasilkan enegi listrik dan bahan bakar transportasi.
  •        Konferensi Internasional Penanggulangan

       Pertama kali diadakan di Geneva, pada tahun 1979. Pada konferensi ini, perubahan iklim dinyatakan sebagai pemanasan global. Konferensi ini mengeluarkan deklarasi untuk mengundang pemerintah seluruh dunia untuk mengantisipasi pemanasan global.



BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
        Pemanasan global telah menjadi permasalahan yang menjadi sorotan utama umat manusia baik skala kecil hingga tingkat internasional. Fenomena iini sebagian besar akibat dari aktivitas manusia dan berdampak pada manusia itu sendiri. Untuk mengatasi pemanasan global diperlukan usaha yang sangat keras dan menyeluruh dari berbagai pihak. Menanggulangi seharusnya menjadi kesadaran kita terhadap kehidupan bumi di masa depan.

B.     Saran
        Kita sebaiknya menjaga dan melestarikan lingkungan di bumi tercinta agar tercipta kehidupan yang aman, nyaman, dan seimbang. Marilah kita bersama-sama untuk menyelamatkan bumi sebagai tempat hidup manusia yang merupakan anugerah Tuhan YME dari pemanasan global.


DAFTAR PUSTAKA

https://pustakafisika.wordpress.com/2012/11/24/penyebab-pemanasan-global-dan-akibatnya-bagi-bumi/
http://agungadhyaksa.blogspot.com/2012/11/14-macam-energi-alternatif-di-dunia.html?m=1
http://id.wikipedia.org/wiki/Pemanasan_global


0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...