Senin, 23 Mei 2016

Pasar PPT (Ekonomi SMA)

Pasar 
(Ekonomi SMA)







A.    Pengertian Pasar
Pengertian pasar dalam arti sempit merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli. Sedangkan dalam arti luas atau dalam ilmu ekonomi merupakan seluruh kegiatan bertemunya penawaran dengan perintaan barang atau jasa sehingga terjadi kesepakatan harga.

B.     Fungsi Pasar
1.        Distribusi : memperlancar penyaluran barang atau jasa dari produsen ke konsumen
2.        Promosi : sarna bagi produsen untuk memperkenalkan hasil produksinya kepada konsumen , serta membangkitkan minat konsumen untuk membeli barang
3.        Pembentuk Harga : mewujudkan kesepakatan harga antara penjual dengan pembeli melalui proses tawar menawar harga

C.    Peran Pasar
1.        Bagi Produsen
a.       Tempat memperkenalkan hasil produksi
b.      Tempat memasarkan hasil produksi
c.       Tempat untuk memperoleh faktor faktor produksi
d.      Sumber informasi dalam mengembangkan hasil produksi
2.      Bagi Konsumen
a.         Tempat untuk mengenalkan berbagai macam hasil produksi
b.        Tempat untuk memperoleh alat pemenuhan kebutuhan
3.      Bagi Pembangunan
a.         Tempat memperoleh bahan bahan kebutuhanpembangunan
b.        Pemancu perkembangan IPTEK

4.        Bagi SDM               
a.         Membantu menciptakan
b.        Membantu meningkatkan pendapatan masyarakat

D.    Syarat Terjadinya Pasar
1.        Dalam Kehidupan Sehari-hari
a.         Ada barang atau jasa yang di perjual belikan
b.        Ada penjual dan pembeli yang saling membutuhkan
c.         Ada kesepakatan harga antara penjual dengan pembeli
d.        Ada tempat khusus untuk bertemunya penjual dengan pembeli
2.        Dalam Ilmu Ekonomi
a.         Ada permintaan
b.        Ada penawaran
c.         Ada harga

E.     Macam-macam Pasar
1.        Menurut Bentuknya
a.        Pasar konkrit (nyata) yaitu pasar yang di dalamnya penjual dan pembeli dapat bertemu langsung untuk melakukan jual beli dan barang yang diperdagangkan sudah tersedian di tempat
b.        Pasar abstrak (tidak nyata) yaitu pasar yang hanya menyediakan contoh barang yang di perjualbelikan
2.        Menurut Barang yang Diperdagangkan
a.        Homogen, yaitu pasar yang memperjualbelikan barang barang sejenis saja
b.        Heterogen, yaitu pasar yang memperjual belikan bermacam macam jenis barang
c.         Barang produksi, yaitu pasar yang memperjualbelikan barang yang di perlukan bagi kelancarann proses produksi
d.        Barang konsumsi, yaitu pasar yang memperjualbelikan barang konsumsi
3.        Menurut Luas Kegiatan Distribusi
a.      Pasar setempat (lokal), yaitu pasar yang konsumen nya terbatas pada daerah sekitar pasar
b.      Pasar daerah, yaitu pasar yang konsumen nya meliputi daerah tertentu saja
c.       Pasar nasional, yaitu yang konsumen nya berbagai daerah dalam satu negara
d.      Pasar internasional, yaitu yang konsumen nya meliputi masyarakaat internasional
4.        Menurut Waktunya
a.        Pasar harian, pasar yang kegiatan nya terjadi setiap hari
b.        Pasar mingguan, pasar yang kegiatannya terjadi setiap seminggu sekali
c.         Pasar bulanan, pasar yang kegiatan nya terjadi setiap sebulan sekali
d.        Pasar tahunan, pasar yang kegiatan nya terjadi setiap setahun sekali
5.        Menurut Persaingannya
a.        Pasar persaingan sempurna, yaitu pasar yang di dalamnya terdapat banyak penjual dan pembeli yang saling mengetahui harga pasar. Dalam pasar ini masing masing penjual atau pembeli tidak dapat mempengaruhi tingkat harga pasar
b.        Pasar persaingan tidak sempurna , yaitu pasar yang di kuasai oleh satu atau beberapa penjual serta di dalamnya kuarang ada kebebasan dalam menentukan harga barang atau jasa yang di tawarkan
6.        Menurut Banyak Penjual dan Pembeli
a.        Pasar monopoli, yaitu pasar yang hanya ada satu penjual untuk satu macam barang sehingga harga menjadi mahal
ciri ciri :
·         pasar di kuasai oleh satu penjual
·         harga di tetapkaan oleh permintaan/produsen
·         tidak ada harga subsitusi
·         tidak ada barang pengganti dari luar negeri
b.             Pasar monosopsi, yaitu pasar yang hanya ada satu pembeli untuk satu macam barang sehingga harga menjadi lebih murah
c.              Pasar oligopoli (duopsoni), yaitu pasar yang hanya terdapat beberapa penjual untuk satu macam barang. Kegiatan ini penjual yang satu dapat mempengaruhi pemasaran barang penjual lain
d.             Pasar persaingan monopolistis, yaitu pasar yang di dalamnya terdapat banyak penjual untuk satu macam barang tetapi masing-masing barang mempunyai karakteristik sendiri
e.              Pasar Oligopsoni (duopsoni), yaitu pasar yang di kuasai dua pembeli

F.     Kesimpulan
Dari kegiatan yang terdapat pada gambar tersebut, kami dapat menarik kesimpulan bahwa kegiatan tersebut termasuk kedalam :
1.      bentuk pasar konkrit (nyata), penjual dan pembeli dapat bertemu langsung untuk melakukan jual beli dan barang yang diperdagangkan sudah tersedian di tempat;
2.      barang yang diperdagangkan heterogen, memperjual belikan bermacam macam jenis barang;
3.      pasar daerah, konsumennya meliputi daerah tertentu saja
4.      pasar harian, kegiatan nya terjadi setiap hari;
5.      dan pasar persaingan sempurna, di dalamnya terdapat banyak penjual dan pembeli yang saling mengetahui harga pasar. Dalam pasar ini masing masing penjual atau pembeli tidak dapat mempengaruhi tingkat harga pasar.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...